Cara Membuat Rak Dari Kardus Bekas Terlengkap - pinka

Breaking

Monday, August 03, 2015

Cara Membuat Rak Dari Kardus Bekas Terlengkap


Barang-barang bekas yang tidak terpakai terkadang hanya menjadi sampah yang mengotori ruangan karena tidak punya ide-ide untuk memanfaatkannya. Banyak dari barang-barang bekas yang sebenarnya bisa anda manfaatkan menjadi suatu barang yang mempunyai nilai guna yang lebih dari sebelumnya. Memanfaatkan barang-barang bekas juga salah satu bentuk cinta anda kepada lingkungan sekitar agar tidak banyak sampah yang menggunung.

Tutorial kali ini akan memberikan anda inspirasi cara membuat rak dan laci dari kardus bekas yang biasanya hanya menjadi sampah. Selain bisa menyelamatkan lingkungan karena mengurangi sampah, anda juga bisa memanfaatkannya menjadi barang yang berguna seperti rak dan laci. Ramah lingkungan, murah, mudah, mengurangi penggunaan bahan baku seperti kayu untuk rak & laci, dan pastinya masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh barang-barang hasil daur ulang.

Mari kita langsung lihat bagaimana cara pembuatan rak dan laci dari kardus bekas berikut ini :

Alat dan Bahan yang diperlukan :
  
Kardus Bekas (disarankan untuk menggunakan kardus yang memiliki ketebalan sekitar 1cm, jika kardus yang digunakan tipis akan mudah patah dan bentuknya kurang bagus) 

Cutter / Pen Cutter (ukuran pen cutter yang kecil akan memudahkan anda untuk memotong lubang-lubang di bagian tengah yang kecil) 

Stiker Warna / Cat  (untuk memberikan tampilan yang lebih menarik menggunakan Stiker / Cat)

●  Lem Tembak / Lem Kayu (lem Tembak atau lem kayu berfungsi untuk menyatukan bagian-bagian dari kerangkan agar lebih kokoh, dan tidak mudah terlepas) 

Clip Besi (digunakan untuk aksesoris mempercantik pegangan pada laci) 

Cara Mambuat Rak:

- CARA PERTAMA -

1. Potong-potong kardus bekas dengan cutter dan pen cutter menjadi beberapa bagian seperti, bagian belakang, samping kanan dan kiri, atas dan bawah, juga bagian tengah untuk tempat laci-laci kecil. Sesuaikan ukuran rak yang ingin dibuat dengan ukuran kardus bekas yang anda miliki. Berikut adalah contoh bentuk kardus yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian :



2. Susun semua bagian dari potongan kardus menjadi satu. Mulai dari bagian belakang dari rak sampai bagian lagi kecil ditengah.

 

- TAMPAK ATAS-


- TAMPAK DEPAN-


- TAMPAK BELAKANG -


3. Setelah semua bagian terlihat rapi dan pas presisi, langkah selanjutkan adalah memberi warna pada rak agar tampilannya lebih menarik. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti mengecatnya dengan cat kayu/besi, cat semprot, dan lain-lain sesuai cara mana yang mudah untuk anda. Nah, tutorial kali ini menggunakan cara dengan menempelkan kertas/ stiker. Lepas Semua bagian, kemudian lapisi dengan kertas polos, anda juga bisa menggunakan kertas bermotif dan warna sesuai keinginan.



4.Jika Semua sudah dilapisi kertas, pasang kembali seperti cara tadi memasangnya, tapi kali ini gunakan lem tembak untuk merekatkan setiap bagian agar hasilnya kuat dan tidak mudah rusak. Kemudian rapikan setiap bagian yang masih terlihat berantakan.


- RAK YANG SUDAH JADI -


 - RAK YANG SUDAH JADI DENGAN LACI -



 - RAK YANG SUDAH JADI DENGAN LACI-




Bagian utama yaitu rak sudah jadi, tinggal bagian lacinya. Lihat langkah-langkah membuat lacinya disini

- CARA KEDUA -

1. Buat beberapa batang-batang peyangga dari kardus yang dilipat-lipat kemudian dilem.


2. Susun batang peyangga tadi hingga menjadi kerangka sebuah rak. Lapisi bagian luar dengan kardus yang tipis dan lurus.



3. Lapisi semua bagian hingga tertutup rata, dan peyangga tidak lagi terlihat. Gunakan lem untuk merekatkan semau bagian hingga rapi.


4. Langkah berikutnya sama seperti tutorial yang pertama diatas, tinggal lapisi dengan kertas atau anda juga bisa menge-cat nya. kemudian buat laci-lacinya, satukan dan rapikan hingga menjadi rak yang bagus.


- RAK SIAP DIGUNAKAN -

 

Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat untuk anda dan menginspirasi anda agar bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih bisa kita daur ulang menjadi barang yang memiliki nilai guna yang lebih.
Image Source : Duitang.com

15 comments:

  1. Bro apak itu kuat setelah di isi barang?

    ReplyDelete
  2. Bro apak itu kuat setelah di isi barang?

    ReplyDelete
  3. boleh saya minta profile designernya? terima kasih

    ReplyDelete
  4. Ukuran dan rangkanya kurang detail min,msh bingung ma ukurannya

    ReplyDelete
  5. Ukuran dan rangkanya kurang detail min,msh bingung ma ukurannya

    ReplyDelete
  6. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    ReplyDelete
  7. Terimakasih , keren sekali 

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  8. Waaawww kereen sekali rak nya gan, coba ada videonya pasti lebih bagus dan mudah untuk langkahnya gan makasih banyak tipsnya gan :)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih informasinya ya, kalau <a href="http://www.ketikanku.com/2017/07/tipsTips Membuat Rak Biaya 100 rb</a> Bagaimana ya?

    ReplyDelete
  10. Setelah semua bagian terlihat rapi dan pas presisi, langkah selanjutkan adalah memberi warna pada rak agar tampilannya lebih menarik. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti mengecatnya dengan cat kayu/besi, cat semprot, dan lain-lain sesuai cara mana yang mudah untuk anda. Nah, tutorial kali ini menggunakan cara dengan menempelkan kertas/ stiker. Lepas Semua bagian, kemudian lapisi dengan terima limbah kardus bekas jasa penulis artikel

    ReplyDelete
  11. Nah, salah satu barang bekas yang juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi kerajinan tangan adalah kardus. Banyak lho kerajinan keren yang bahan bakunya kardus bekas. Kalau nggak percaya, mending langsung lihat aja deh beberapa kerajinan dari kardus berikut ini. Jasa Penulis Artikel pabrik penerima limbah kardus

    ReplyDelete
  12. Banyak pihak berpendapat bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia masih mengabaikan konsep kelestarian lingkungan dan hanya mengejar pencapaian pertumbuhan ekonomi (Rahmawati, 2018).
    Diperkirakan bahwa bangunan dengan luas lantai 200 m2 dapat menghasilkan limbah sebanyak 180 m3, hal ini sangat berdampak buruk bagi lingkungan jika hanya dibiarkan begitu saja tanpa adanya hal konkret yang dilakukan demi menanggulanginya. (Rosalin, 2015). Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga jual kardus bekas ke pabrik pabrik daur ulang kardus bekas
    Jasa Penulis Artikel SEO percetakan lamongan percetakan lamongan pengepul kardus bekas terdekat

    ReplyDelete